SENIN, 29 APRIL 2024

Terkait Kegiatan Renungan Suci Harjaba, DPRD Banyuwangi Berharap Pemkab Suport Anggaran

Mediabanyuwangi.com  - Wakil Ketua DPRD kabupaten Banyuwangi, Muhammad Ali Mahrus berharap eksekutif mengalokasikan anggaran “ Renungan Suci” rangkaian peringatan Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) yang biasa dilaksanakan di Rowo Bayu Desa Bayu untuk mengingat peristiwa perang Puputan Bayu yang menjadi cikal bakal dan sejarah berdirinya Kabupaten Banyuwangi. Dan perang Puputan Bayu merupakan aksi perjuangan rakyat Blambangan melawan tentara VOC pada tahun 1771.


Muhammad Ali Mahrus menyampaikan, untuk menggelar kegiatan Renungan Suci sebagai rangkaian Harjaba, selama ini masyarakat Desa Bayu mengandalkan anggaran dari swadaya masyarakat.


“Ternyata dari tahun ke tahun saya kemarin tanya kepada kepala desa (Kades) setempat tidak mendapatkan anggaran dari pemerintah daerah,” ucap H. M. Ali Mahrus disela-sela sambutannya pada kegiatan Musrenbangkab RKPD 2025, dikutip dari website DPRD Banyuwangi ( 20/03/24).

Politisi PKB itu mengharapkan agar di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Banyuwangi bisa merumuskan alokasi anggaran agenda “Renungan Suci”, di Rowo Bayu sebagai rangkaian peringatan Harjaba setiap tahun.


Dan Pemerintah daerah seyogyanya hadir mengingat arti penting sejarah yang diaktualiasi dalam renungan suci di Rowobayu untuk mengenang perjuangan para leluhur.

   ”Maka harapan saya bagaimana pemerintah daerah hadir dalam memberikan apresiasi dan support anggaran untuk kegiatan “Renungan Suci” di Desa Bayu,” ucapnya.


Sementara dikonfirmasi terpisah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuwangi, Mujiono menanggapi harapan pimpinan DPRD Banyuwangi agar pemerintah mengalokasikan anggaran untuk membantu pembiayaan rangkaian peringatan Harjaba.

 Pihaknya akan memperhatikan dan mengkoordinasikan dengan dinas/instansi terkait.


“Permintaan tersebut diperhatikan dan dikoordinasikan serta bersinergi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dan stakholder biar tambah budaya gotong royong,” ucap H. Mujiono.


Penulis  : Adi
Editoy    : Purnomo



Sebarkan :

Ikuti diskusi dan kirim pendapat anda melalui form di bawah ini.



SENIN, 29 APRIL 2024