SELASA, 28 SEPTEMBER 2021

PKL Rogojampi Bernafas Lega, Pasca Hering Bersama Komisi II DPRD Banyuwangi


Mediabanyuwangi.com- Mediasi antara Dinas Koperasi,UKM dan Perdagangan dan perwakilan Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) pasar Rogojampi yang difasilitasi Komisi II DPRD Kabupaten melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) membuahkan hasil. Rencana relokasi PKL pasar Rogojampi akhirnya ditunda untuk sementara waktu.

Usai memimpin rapat dengar pendapat, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Muh.Ali Machrus mengatakan, Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi,UKM dan Perdagangan serta Satuan Polisi Pamong Praja, sejak lama berencana menertibkan PKL di sekitar pasar Rogojampi dengan merelokasi di lahan kosong RTH disebelah barat terminal.

Namun para pedagang menolak untuk dipindahkan dengan alasan tempat tersebut dipastikan sepi sedangkan proses pembangunan RTH hingga saat ini mangkrak dan belum jelas kapan akan dilanjutkan.

“ Para PKL pasar Rogojampi menolak dipindahkan, karena tempat yang disediakan tidak layak untuk berdagang dan dipastikan sepi pembeli, “ jelas Muh.Ali Machrus saat dikonfirmasi Awak Media, Senin (10/02/2020).

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini, para pedagang PKL akan bersedia direlokasi, jika tempat yang disediakan oleh Pemerintah Daerah tersebut pembangunannya diselesaikan. Sepanjang proses pembanguan RTH belum selesai, disepakati PKL masih bisa berjualan ditempat semula, dengan catatan menjaga kebersihan, tidak menganggu arus lalu lintas dan tidak menambah kuota pedagang.

“ Dalam hearing ini kita sepakati, sebelum pembangunan RTH Rogojampi selesai, mereka tetap berdagang ditempat semula, dengan catatan jaga kebersihan, tidak menganggu arus lalu lintas dan tidak menambah kuota pedagang , “ kata Ali Machrus.

Sementara Sekretaris paguyuban PKL Pasar Rogojampi, Irfan Hidayat menyampaikan, para PKL pasar Rogojampi menerima keputusan hasil hearing bersama tersebut, untuk berjualan ditempat semula dengan syarat menjaga kebersihan, ketertiban, tidak menganggu arus lalu lintas dan penguna jalan lainnya.

Menurutnya, keputusan Pemerintah Daerah untuk merelokasi PKL pasar Rogojampi dianggap terburu-buru dan tidak ada solusi terbaik jika para pedagang akan ditertibkan.

“ Kami belum bersedia direlokasi jika tempat yang disediakan Pemerintah Daerah tidak laya, “ pungkas Irfan Hidayat.(adi) 



Sebarkan :

Ikuti diskusi dan kirim pendapat anda melalui form di bawah ini.



SELASA, 28 SEPTEMBER 2021