SELASA, 28 SEPTEMBER 2021

Pesawat Pemburu Pluto Mencari Planet Baru

Pesawat nirawak New Horizons baru saja mengeksplotasi Pluto menanti tugas baru. Siap mengeksplorasi planet lain.

Pesawat antariksa New Horizons yang bertugas mengorbit Pluto sejak Juli kemarin memang sudah melakukan tugasnya dengan baik, yaitu dengan mengumpulkan sejumlah data baru tentang si planet kerdil beserta bulan raksasanya, Charon. Tim New Horizons pun sudah merencanakan tujuan baru untuk berlabuh.

Pesawat sebesar piano itu rencananya akan mengobservasi objek di Sabuk Kuiper, sebuah area di 'halaman belakang' Pluto yang dihuni oleh planet-planet es

Objek-objek di Sabuk Kuiper yang letaknya bisa dibilang sangat di ujung sistem tata surya itu masih mengorbit Matahari.

Dari laporan NASA, target potensial New Horizons berikutnya bernama 2014 MU69, sebuah planet yang ukurannya lebih kecil dari Pluto. Jarak planet mungil itu terbilang jauh dari Pluto, yakni 1,6 miliar kilometer.

Menurut tim pimpinan investigator New Horizons Alan Stern, alasan 2014 MU69 menjadi kandidat ideal dibanding KBO (Kuiper Belt objects) lainnya adalah pesawat tak akan memakan banyak bahan bakar. 

Menurut Stern, semakin pesawat antariksa menghemat bahan bakar untuk menyambangi objek, maka daya untuk mengirim data oleh instrumen ilmiahnya akan lebih banyak.

Yang jelas, tim peneliti meyakini bahwa tujuan utama New Horizons meneliti objek nun jauh di Kuiper Belt itu guna menambah pemahaman terhadap dunia di ujung sistem tata surya itu.

Pada pertengahan Juli lalu, New Horizons berhasil melintas 12,5 ribu kilometer di atas permukaan Pluto dengan kecepatan 45 ribu kilometer per jam. Jarak tersebut menjadi yang terdekat sejak New Horizons menjelajah ruang angkasa selama 9,5 tahun.

Keberhasilan New Horizons sambangi Pluto dari dekat itu menjadi sejarah baru bagi AS dan diklaim sebagai satu-satunya negara yang pernah mengunjungi tiap planet di dalam sistem tata surya.



Sebarkan :

Ikuti diskusi dan kirim pendapat anda melalui form di bawah ini.



SELASA, 28 SEPTEMBER 2021