SELASA, 28 SEPTEMBER 2021

KPUD Umumkan DCT Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi Pemilu 2019

MEDIABANYUWANGI.COM- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banyuwangi telah merampungkan penyusunan Daftar Calon Tetap (DCT) bagi bakal calon legeslatif (bacaleg) yang berhak mengikuti Pemilu Serentak 2019. Sesuai tahapannya, DCT yang telah tersusun akan diumumkan secara luas mulai 21-23 September 2018.

Pada DCT itu memuat 9 nama bacaleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang sempat bermasalah dan sengketanya ditangani Bawaslu Banyuwangi. Total bacaleg di The Sunrise of Java berjumlah 602 orang.

Perubahan Daftar Calon Sementara (DCS) yang kini telah ditetapkan menjadi DCT merujuk rekomendasi keputusan Bawaslu Banyuwangi beberapa waktu lalu.

Komisioner KPUD Banyuwangi Edi Saiful Anwar menegaskan, bacaleg yang statusnya sebagai pejabat publik juga telah memenuhi seluruh persyaratan yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Sehingga mereka berhak mengikuti pemilu 2019 mendatang.

“Ada beberapa pergantian bacaleg dari Partai Nasdem dan Hanura. Bacaleg dari Partai Nasdem mengundurkan diri sehingga mengganggu keterwakilan kaum perempuan. Karena itu gantinya juga harus dari kalangan perempuan,” ujar Edi kepada wartawan di Kantor KPU Jalan KH Agus Salim, Kamis (20/9/2018).

Terkait bacaleg Partai Hanura mengalami pergantian karena ada tanggapan dari masyarakat. Proses pergantian itu sudah tuntas dan nama penggantinya sudah tertuang dalam DCT yang ditetapkan.(din)






Sebarkan :

Ikuti diskusi dan kirim pendapat anda melalui form di bawah ini.



SELASA, 28 SEPTEMBER 2021