SELASA, 28 SEPTEMBER 2021

Meski Bekerja Ditambang, Para Wanita Disini Tak Lupa Rayakan Hari Kartini

MEDIABANYUWANGI.COM- Meski bekerja ditengah hutan dan pegunungan,  Karyawan PT Bumi Suksesindo (BSI) tidak lupa untuk memperingati Hari Kartini. Acara tersebut digelar dikantor External Affairs, Senin (22/4). Selain puluhan karyawan wanita PT BSI, acara ini juga diikuti oleh karyawan wanita dari perusahaan rekanan yang terlibat dalam Operasi Tujuh Bukit.


Ketua Panitia Penyelenggara, Anggun Murniwati, menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk mempererat persaudaraan sesama karyawan, khususnya karyawan wanita, yang terlibat dalam Operasi Tujuh Bukit.


 “Kegiatan ini untuk semua karyawan wanita baik dari PT BSI maupun kontraktor,” urai Anggun.


Rasa persaudaraan yang kuat antar karyawan diharapkan dapat meningkatkan kerjasama tim dalam menjalankan pekerjaannya.


"Dengan kegiatan bersama ini diharapkan kekompakan tim semakin baik," jelas Anggun.


Selain itu, lanjut Anggun, kegiatan ini juga sebagai wujud terima kasih kepada Kartini yang telah memperjuangkan nasib kaum wanita di eranya.


Berkat perjuangannya itu, wanita masa kini dapat berkarier di bidang yang dianggap hanya milik laki-laki, seperti pertambangan.


Sementara itu, manajemen PT BSI melalui Senior Manajer External Affairs, Sudarmono, mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh para karyawan wanita ini. Menurutnya, kegiatan ini menunjukkan kecintaan dan penghargaan karyawan terhadap jasa para pahlawan.


Mengenai spirit kesetaraan yang diperjuangkan Kartini, Sudarmono menegaskan bahwa keberadaan karyawan wanita sama pentingnya dengan karyawan laki-laki.


 "Kami tidak memperlakukan karyawan atas dasar jenis kelamin. Kinerjalah yang menentukan kualitas karyawan," tegas Sudarmono.


Senior Manager External Affairs Sudarmono mengatakan, PT BSI membikin banyak perencanaan termasuk peranan wanita yang sama dengan laki - laki. Level manager sampai direktur telah dipegang kalangan perempuan.


"Total ada 111 pekerja wanita dari 2.324 karyawan yang ada, Khusus 6 orang menjadi ahli mesin yang biasa dijalankan pekerja pria. Tahun depan akan kita tambah," paparnya. 


Untuk menambah wawasan para karyawan, dalam peringatan Hari Kartini tahun ini, panitia menghadirkan seorang psikolog ibu dan anak dari Kota Banyuwangi, Adreina Marcelina.


Materi yang disampaikan adalah keseimbangan pola asuh anak untuk wanita karier. Selain itu, juga ada penilaian best costume dan lucky draw.


 "Ini untuk menyemangati para peserta. Hadiahnya juga menarik," pungkas Anggun.


Dalam acara tersebut peserta juga mendapatkan pencerahan dan motivasi dari tokoh perempuan nasional Maya Miranda Ambarsari.


 Istri Direktur PT Indo Multi Niaga (IMN) Reza Nazarudin pun didaulat untuk menyampaikan tips sukses seorang wanita. Dia berpesan agar kaum Hawa millenial BSI harus fokus pada pekerjaan yang hendak dilakukan.


"Dalam mendesain sesuatu harus menjadi yang terbaik. Yakinkan diri bahwa kita bisa," pesannya lewat telekonfren.


Baginya, dunia tambang sangatlah menarik. Masih jarang wanita yang berkecimpung di dunia tambang. Maya mengaku terjun ke dunia pertambangan lantaran banyak kenalan selama kuliah di Australia yang bergerak di bidang ini.


"Dunia tambang adalah pekerjaan yang inovatif. Jarang orang yang melakukan itu," ungkap pengacara perdata internasional.


Menurutnya, perempuan dapat melakukan pekerjaan lelaki. Tapi kalangan perempuan harus meyakinkan diri bisa terlebih dulu. Apalagi pekerjaan yang digeluti mesti berpisah dengan anak.


Pesannya yang lain, hidup tak boleh menggampangkan sesuatu karena akan menjadi sombong. Meremehkan sesuatu juga tak baik. Seorang istri harus tetap hormat pada suami meskipun penghasilannya lebih tinggi.


"Suami adalah imam. Maka dia harus selalu berada di atas. Ridho suami adalah ridho Tuhan," tandasnya.(jo) 



Sebarkan :

Ikuti diskusi dan kirim pendapat anda melalui form di bawah ini.



SELASA, 28 SEPTEMBER 2021