SELASA, 28 SEPTEMBER 2021

Peringati HUT RI Ke - 74 dan Sambut 1 Suro, Pemerintah Desa Cluring Gelar Kirab Budaya

MEDIABANYUWANGI.COM-CLURING, Karnaval dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan, HUT RI ke 74 Tahun 2019, yang dirangkai dengan menyambut datangnya 1 Suro ( Tahun Baru Islam 1441 H), di Desa Cluring Kecamatan Cluring, Sabtu 31/08/2019, terlihat berbeda.

Pasalnya, karnaval tersebut sengaja mengambil tema besar “ Kirab Budaya “ . ujar sekretaris desa Cluring Danusworo, ST. disela jalanya acara yang melibatkan hampir seluruh warga masyarakat desa Curing tersebut.  
Danu menjelaskan, “Kirab Budaya” tersebut bukan tanpa alasan dijadikan sebagai tema karnaval peringatan HUT RI Ke 74 Tahun 2019,  yang sekaligus menyambut datangnya 1 Suro ( Tahun Baru Islam 1441 H ).  

Selain untuk mengangkat kembali budaya lokal desa Cluring khususnya, juga sebagai uapaya   pelestarian seni dan adat istiadat desa setempat yang selama ini sudah ada dan terjaga dengan baik.

“, Tujuan kirab budaya ini sebagai upaya melestarikan kesenian, dan  budaya yang selama sudah ada di Desa Kami, dengan harapan nilai-nilai seni dan budaya tersebut bisa terjaga dan lestri  sepanjang zaman,”. Ujar Danusworo, Sekdes Cluring.

Orang nomor dua pada struktur pemerintahan Desa Cluring tersebut juga menjelaskan, jika selama ini pada saat pesta peringatan hari-hari besar dalam kegiatan karnaval ada peserta yang berdandan tidak pantas, maka dalam pelaksanaan “Kirab Budaya” didesanya sangat dilarang keras. Hal ini semata-mata sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat, bahwa kesenian dan kebudayaan selain memberikan hiburan namun juga ada nilai pendidikan dan pesan moral yang disampaikan kepada masyarakat atau penontonya.

“,Jadi untuk kegiatan karnaval “Kirab Budaya” ini  peserta sangat kami larang berdandan ala banci, atau urakan, yang pada intinya tidak mendidik, karena dalam kirab budaya ini kita ingin memberikan edukasi bahwa kesenian dan budaya itu tidak hanya sekedar hiburan namun selain menghibur juga mendidik,”  tambah pria yang akrab disapa Pak Danu, tersebut.


Perlu diketahui, kegiatan karnaval “Kirab Budaya”  ini rencananya akan terus digelar sebagai salah satu agenda tahunan desa Cluring. Karnaval kirab budaya tahun ini  diikuti 19 kontingan dari 5 dusun dan Lembaga yang ada di desa Cluring, diantaranya dusun Krajan, Kepatihan, Cemethuk, rembelang, dan Karang rejo. Masing-masing kontigen menampilkan kreasinya mulai dari pakaian adat, kesenian seperti, jaranan, barong, tarian khas banyuwangi gandrung, serta berbagai macam kreasi lain, tertibnya peserta juga menambah suasana indah, sehingga terlihat apik dan sedap dipandang mata bagi para penonton yang menyaksikanya.

“,Sebenarnya biasanya kegiatan kirab dilaksanankan pada bulan Suro, namun untuk tahun ini kita barengkan dengan perngatan HUT RI 74 supaya bisa dapat dua moment penting , yaitu peringatan 17 Agustus, dan  1 Suro, selain itu memang bebarengan dengan agenda besar pemilihan kepala desa Cluring  pada bulan 9 dan 10 nanti,” pungkas Sekretaris desa Cluring Danusworo,ST.  (Pras/jo)
 
   



Sebarkan :

Ikuti diskusi dan kirim pendapat anda melalui form di bawah ini.



SELASA, 28 SEPTEMBER 2021