SELASA, 28 SEPTEMBER 2021

PT BSI Berhasil Catatkan 10 Juta Jam Kerja Tanpa Kehilangan Jam Kerja

MEDIABANYUWANGI.COM- PT Bumi Suksesindo (BSI) yang merupakan anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold, Tbk.(MCG), telah menunjukkan komitmenya dalam menjalankan aturan main operasional penambangan emas ( good mining practices) di  Gunung Tumpang Pitu kecamatan Pesanggaran Banyuwangi, Jawa Timur.

Hal ini tak luput dari   keberhasilan PT BSI dalammenerapkan sistem kerja yang aman bagi para pekerjanya. Itu semua diwujudkan dengan Tahun ini PT BSI berhasil mencatatkan 10 juta jam kerja tanpa kehilangan jam akibat kecelakan kerja (non-lost time injury- LTI).


Bekerja dengan tanpa kehilangan jam kerja hingga 10 juta jam kerja merupakan prestasi luar biasa dalam jenis pekerjaan yang memiliki tigkat resiko kecelakaan yang sangat tinggi seperti dipertambangan.

Penggunaan alat-alat berat, bahan-bahan berbahaya, dan lokasi kerja yang esktrim sangat berpotensi meninmbulkan kecelakaan hinga kehilangan jam kerja.

Direktur PT BSI Boyke Abidin menjelaskan, capaian PT BSI ini tidak datang begitu saja, namun melalui usaha yang keras dan komitmen yang tinggi terhadap kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dari semua pihak yang terlibat dalam operasi Tujuh Bukit.

“Prestasi ini sesungguhnya merupakan prestasi semua orang yang terlibat dalam operasi Tujuh Bukit. Mereka tidak hanya bekerja  keras tetapi juga berkomitmen terhadap K3,” jelas Boyke.


Untuk memastikan setipa orang yangbterlibat dalam operasi  Tujuh Bukit berkomitmen dalam K3,PT BSI telah menerapkan berbagai prangkat kerja aman. Perangkat tersebut antara lain OK-KAN, Tahan,  Takon 7, JSEA dan golden rulels.


“ Semua perangkat itu dibuat untuk memastikan setiap pekerja memahami jenis pekerjaanya,potensi bahayanya, dan bagaimana cara mengantisipasi bahaya yang mungkin timbul,” imbuh Boyke.

Boyke juga menambahkan komitmen PT BSI dalam menerapkan K3 pada kegiatan Operasional  Tujuh Bukit menunjukkan bahwa perusahan dengan penanaam modal dalamnegeri (PMND) selain menjaga bisnis proses yang efesien namun juga mengutamakan kesejahteran para pekerjanya.

Hal ini selaras dengan visiperusahaan induk , PT Merdeka Copper Gold (MCG), untuk menjadi perusahaan nasional berskala Internasional.

” Kesejahteraan para peekrja merupakan proititas kami. Dan ini yang akan mengantar kami menjadiperusahaan nasional yang bertaraf internasional,” pungkasnya.  

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM Propinsi Jatim, Setiadji, mengapresiasi PT BSI yang telah memperoleh 10 juta jam kerja tanpa LTI. Untuk memperoleh ini tidak mudah. Harus ada komitmen tinggi antara manajemen, karyawan dan perusahaan untuk menjalankan standar operasional prosedur (SOP).


"Prestasi ini akan disampaikan kepada gubernur dan dewan agar dapat penghargaan sehingga bisa ditiru perusahaan tambang lain, " janjinya. Dari Banyuwangi, Jember, Trenggalek sampai Pacitan memiliki potensi mineral emas. Dari dua tahun eksploitasi dengan 10 juta tanpa kecelakaan kerja diraih atas peran keluarga. "Di seluruh desa dekat tambang keluarganya bahagia karena ada pertumbuhan ekonomi baru. Berarti kehadiran BSI bermanfaat bagi warga," pujinya.( J.purnomo)      



Sebarkan :

Ikuti diskusi dan kirim pendapat anda melalui form di bawah ini.



SELASA, 28 SEPTEMBER 2021