SELASA, 28 SEPTEMBER 2021

Pasar Rakyat "Kemerdekaan" Ajang Aktualisasi Pelaku UMKM dan Hiburan Rakyat

MEDIABANYUWANGI.COM- Ada yang berbeda  pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 73  di Dusun Silirbaru Desa Sumberagung kecamatan Pesanggaran. Yang membuat berbeda adalah digelarnya Pasar Rakyat “Kemerdekaan”.


Tema Pasar Rakyat “Kemerdekaan” diilhami dari pelaksanaan kegiatan yang bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73 pada tahun ini.   "Pasar Rakyat ini dimulai sejak tanggal 18-23 Agustus 2018," ucap Ketua Panitia, Ali Mustofa, Senin (20/8/2018).


Acara yang digelar  Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa Sumberagung tersebut menampilkan sejumlah hiburan kesenian tradisional. Mulai dari Pentas musik lagu daerah, Reog Ponorogo, hingga Jaranan (Kuda Lumping). Dan yang lebih menarik dari acara tersebut,  seluruh peserta yang mengisi stand maupun pengisi acara kesenian dan hiburan musik adalah warga lokal kecamatan Pesanggaran.


"Kita disini mengedepankan pemberdayaan masyarakat lokal, jadi seluruh pelaku seni yang tampil juga dari masyarakat sekitar Pesanggaran," ungkapnya.


Acara ini tampak semakin meriah dengan hadirnya taman hiburan rakyat, seperti kereta komidi putar, arena bermain anak serta kereta odong-odong.  Ditambahlagi partisipasi para pelaku UMKM dari kecamatan Pesanggaran dan diantaranya pelaku UMKM binaan PT BSI,  juga turut menambah semakin  semaraknya acara Pasar Rakyat  “Kemerdekaan” .


“Kami melihat kebahagiaan masyarakat, atas digelarnya Pasar Rakyat ini, karena seluruh fasilitas hiburan dan  arena bermain bisa dinikmati secara gratis,” pungkas Ali.


Sementara itu, ivent Pasar Rakyat ini juga bukan tanpa alasan untuk digelar, menurut sekretaris FPRB Desa Sumberagung, Anang Supriyadi,  berawal dari ide cerdas tokoh masyarakat setempat, Bapak Ali Mahfud,  selain dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73, Pasar Rakyat juga dinilai sangat efektif sebagai ajang sosialisasi tanggap kebencanaan. Apalagi Desa Sumberagung sudah sejak lama menjadi kawasan yang rawan terjadinya banjir tahunan, yaitu disaat musim hujan tiba.


“ Desa Sumberagung ini kebetulan berada di dataran rendah, sehingga sudah sejak Desa ini berdiri selalu menjadi langganan banjir,” ungkap Anang.


Acara Pasar Rakyat  “Kemerdekaan” ini juga mendapat apresiasi yang baik  dari kepala Desa setempat  Fifin Agustin. Pasalnya menurut orang nomor satu di Desa Sumberagung itu,  Pasar Rakyat selain sebagai wahana hiburan rakyat, juga bisa menjadi ajang  ekspresi bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).


“ Kegiatan  Pasar Rakyat ini sangat positif, apalagi kalau bisa diselenggarakan rutin setiap tahun,” ungkap Fifin Kades Sumberagung, disela-sela acara pembukaan acara Pasar Rakyat.

Pasar Rakyat juga dimanfaatkan oleh Badan Usaha milik Desa (BUMDES) setempat untuk menjual sembako murah,  masyarakat yang membeli bisa berhemat hingga 25 persen.(*)        






Sebarkan :

Ikuti diskusi dan kirim pendapat anda melalui form di bawah ini.



SELASA, 28 SEPTEMBER 2021